Laman

Kamis, 25 Desember 2014

Inilah Makanan penangkal anemia

Artikel Terkait
Ini Dia Makanan penangkal anemia - Apakah anda sering merasa, lemah  letih, dan lesu...?Mungkin saja anda Anemia atau kekurangan sel darah merah yang berfungsi menghantarkan oksigen ke seluruh badan atau tubuh. Gejala lain seperti kepala tersa melayang dan sering terasa merasa kurang tenaga atau badan kita terasa kelelahan.

Ini Dia Makanan penangkal anemia

Ini Dia Makanan penangkal anemia
Ini Dia Makanan penangkal anemia

Anemia dapat terjadi karena beberapa hal atau penyakit-penyakit tertentu. Salah satu penyebab paling umum adalah kurangnya konsumsi zat besi dari makanan sendiri. Anemia sering di alami wanita hamil dan wanita saat usia subur. Bagi wanita hamil anemia dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat, resiko berat banyi lahir rendah  dan pendarahan saat persalinan atau melahirkan. Maka wanita hamil biasanya di beri suplemen zat besi sebagai tambahan asupan makanan sehari hari atau setiap hari. Sedangkan wanita usia subur rentan mengalami anemia karena mengalami siklus dari menstruasi.

Makanan sumber zat besi terbagi menjadi 2 jenis yaitu besi nonheme dan besi heme. Besi heme di dapatkan dari sumber hewani seperti daging sapi, ikan tuna, hati, tiram, dan telur. Sedangkan besi nonheme berasal dari sumber nabati seperti gandum,  pepaya, jeruk, aprikot, pisang, kiwi, oat, semanggka, mangga, bayam, ubi jalar, brokoli, kacang kacangan,  jamur dan sayuran berwarna hijau lainnya. 

Besi heme memiliki banyak kelebihan, dapat di serap lebih baik dan lebih banyak oleh tubuh Walaupun besi heme lebih banyak di serap tubuh, tapi anda harus berhati hati saat mengkonsumsinya atau memakanya. Jika berlebihan dapat berefek obesitas juga kolesterol dan penyakit jantung . 

Kombinasi vitamin B12 dan asam folat juga berperan unrtuk mencegah anemia Vitamin B12 bisa di dapatkan dari dairy produk seperti keju,  daging merah, kedelai mentega, susu. Asam folat dapat di peroleh dari jeruk,  sayuran berdaun hijau, pisang, serealia dan roti gandum.

Untuk meningkatkan efektifitas penyerapan zat besi, ada 3 hal yang dapat anda lakukan :

1  Anda bisa mengkonsumsi makanan sumber zat besi bersamaan dengan stroberi, jeruk, tomat dfan mangga. 

2  Kurangi kebiasaan makan di temani segelas es teh atau secangkir kopi yang masih panas. Karena tanin di dalamnya dapat menghambat penyerapan zat besi. 

3  Berikan jeda sektar 1 jam antara meminum susu dan waktu makan anda, karena kalsium pada susu juga menghambat penyerapan zat besi. 

nah itulah serangkaian artikel yang admin tulis mengenai Makanan penangkal anemia semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya
Google Ads

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top