Laman

Kamis, 01 Januari 2015

5 Cara Ampuh Agar Tak Tersiksa Saat Menstruasi atau PMS

Artikel Terkait
5 Cara Ampuh Agar Tak Tersiksa Saat Menstruasi atau PMS - Wanita yang sedang mengalami Premenstrual Syndrome (PMS) itu seringkali tak ubahnya seperti sosok monster yang bertanduk dan kelihatan seram. Bagaimana tidak saat lagi PMS atau Menstruasi, wanita bisa super sensitif Satu kata yang membuat tersinggung bisa membuat wanita marah dan uring-uringan saat PMS. Belum lagi ketika seorang wanita jadi makin mudah menangis meski tanpa ada sebab yang pasti saat PMS atau Menstruasi.

5 Cara Ampuh Agar Tak Tersiksa Saat Menstruasi atau PMS

5 Cara Ampuh Agar Tak Tersiksa Saat Menstruasi atau PMS
5 Cara Ampuh Agar Tak Tersiksa Saat Menstruasi atau PMS

Diperkirakan satu dari dua wanita yang mengalami PMS itu disebabkan karena ketidak seimbangan dari hormon sendiri, Anda pun mungkin sering menjadikan hormon Anda sebagai “tersangka/penyebab” ketika orang-orang di sekitar Anda komplain saat Anda jadi super sensitif saat PMS atau menstruasi. Eh tapi kita bisa kok berusaha untuk mencegah PMS atau menstruasi. Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal yang bisa menyeimbangkan hormon-hormon tersebut. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara-caranya di artikel ini.

Coba Akupuntur

cara ini mungkin akan dihindari oleh Anda yang sangat takut dengan jarum atu suntik. Tapi akupuntur ini bisa membuat tubuh meningkatkan sirkulasi dan aliran darah anda. Dampaknya Anda bisa merasa lebih rileks dan tenang sehingga membuat tubuh dan kadar hormon Anda dalam kadara yang seimbang.


Penelitian klinis menunjukkan bahwa akupuntur adalah salah satu teknik terbaik untuk mengatasi PMS atau menstruasi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa 78 persen wanita yang menjalani perawatan akupuntur bisa mengurangi gejala PMS dalam waktu 24 jam setelah perawatan yang habis di lakukan. Ketika Anda ingin mencoba teknik akupuntur tersebut, pastikan Anda ditangani langsung oleh ahli akupuntur yang sudah bersertifikat.

Konsumsi Sayuran Hijau

Seimbangkan hormon estrogen dan progesteron dengan mengonsumsi sayuran hijau yang tentunya tidak asing bagi kita. Tujuannya adalah agar bisa mengurangi gejala PMS atau menstruasi. Ada bisa coba konsumsi sayuran hijau segar yang sudah dimasak seperti kale, bayam, bok choy, Brussels sprout dan brokoli,. Sayuran yang kaya vitamin B ini akan jadi “jurus selamat” Anda dari siksaan PMS atu menstruasi.


Kuncinya adalah konsumsi sayuran ini dalam keadaan sudah dimasak  Rebuslah dahulu sayuran yang akan dikonsumsi selama 30 hingga 45 detik atu secukupnya. Kalau pun akan membuat jus sayuran ini sebaiknya gunakan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu.

Hindari Produk Olahan Berbahan Kedelai

keju kedelai, yogurt kedelai, susu kedelai,  dan makanan olahan lain yang mengandung kedelai sebaiknya dihinari sebab?  produk-produk tersebut telah menggunakan bahan makanan yang sudah diolah terlalu berlebihan sehingga kandungan alaminya pun dapat berubah. Mengonsumsinya akan membuat hormon kita tak seimbang.


Jika ingin mengonsumsi makanan yang berbahan kedelai dan sebangsanya, pilihlah yang organik seperti produk fermentasi (tempe atau miso) Penting juga untuk membatasi konsumsi kedelai dengan tak lebih dari tiga atau empat ons per minggunya atau setiap minggu. Untuk Anda yang memiliki gangguan tiroid sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi produk berbahan kedelai.

Konsumsi Banyak Omega-3

Makanan yang kaya omega-3 seperti telur organic, daging merah, biji labu, ikan salmon,  kacang kenari bisa menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh anda. Anda juga konsumsi minyak hati ikan kod yang sudah difermentasi secara teratur setiap hari secara rutin. Minyak hati ikan cod adalah sumber omega-3 alami yang baik karena mengandung vitamin D dan vitamin A.


Minyak hati ikan cod yang paling dianjurkan adalah minyak yang mengandung 2.000 IU (International Unit) dari kandungan vitamin D harian anda. Anda bisa mengonsumsi minyak ini satu sendok teh setiap hari.

Lakukan Meditasi

Pikiran juga butuh nutrisi atu fitamin. Saat nutrisi pikiran terpenuhi maka stamina tubuh akan terjaga dengan baik dan fress. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang melakukan meditasi secara teratur bisa mengurangi gejala ketidak seimbangan dari hormon sendiri. Luangkan waktu 10 menit setiap harinya untuk duduk, tenangkan pikiran dan bernapas teratur sehingga fikiran kita menjadi frres. Waktu tidur pun harus cukup dan berkualitas Jika tubuh Anda terasa segar setelah tidur delapan jam maka pastikan setiap malam Anda tidur dengan durasi waktu yang sama.

Selain 5 Cara Ampuh Agar Tak Tersiksa Saat Menstruasi atau PMS di atas Anda juga perlu mengonsumsi makanan segar dan alami Hindari konsumsi makanan instan atau olahan berlebihan Dan jangan konsumsi gula berlebihan Buah-buahan segar dengan kandungan gula alami juga baik untuk tubuh.
Google Ads

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top